Tanggap, Tangguh, Terampil

image
by admin 13-08-2018

Peneliti IPB Urai Besarnya Efek Kebakaran Hutan

JAKARTA- Kebakaran hutan masih menjadi salah satu permasalahan di Indonesia. Bahkan pemerintah terus melakukan konsolidasi guna mengatasi persoalan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) pada 2018 itu.

Terkait hal itu, Peniliti Laboratorium Kebakaran Hutan dan Lahan, Departemen Silvikultur, Fakultas Kehutanan IPB, Bambang Hero Saharjo menyatakan, sangat miris melihat kondisi kebakaran hutan di wilayah Indonesia khususnya Sumatera Selatan dan Kalimantan Tengah.

"Hal yang harus kita pikirkan bersama dari bencana kebakaran hutan ini ialah emisi dari pembakaran, zat apa yang terkandung di dalamnya serta dampak dan kerugian apa saja yang dihasilkan," ujarnya seperti dikutip dari laman IPB Sabtu (4/8/2018).

Dia menuturkan, efek dari pembakaran hutan ini sangat besar. Tidak hanya mengancam kesehatan jutaan nyawa di Indonesia, tapi dampak buruk yang dihasilkan juga merambah ke negara-negara lainnya seperti Malaysia, Singapura bahkan asap yang dihasilkan mencapai Amerika Serikat.

Terhitung, lanjut dia, sejak empat tahun berlalunya kebakaran hebat yang terjadi di beberapa titik di Pulau Sumatera dan Kalimantan. Hingga saat, titik-titik api belum dapat dipadamkan. "Hal ini tentu dapat memicu kebakaran lainnya, jika kondisi kemarau datang. Banyak perusahaan yang membohongi kami selaku peneliti. Mereka bilangnya tidak membakar lahan, tapi menanam sawitnya dengan pupuk," jelasnya.

Namun, tutur dia, setelah pihaknya melakukan uji laboratorium ternyata tidak ada satupun kandungan pupuk di tanah. Mereka, hanya mengandalkan abu-abu hasil bakaran hutan untuk menumbuhkan tanaman mereka.

"Instansi-instansi pemerintah pun responnya mengecewakan karena terkesan lepas tangan dengan kejadian yang terjadi," pungkasnya.

Tanggap, Tangguh, Terampil